Followers

Tuesday, January 4, 2011

berhati-hati dalam berbicara tentang Yesus,Jesus @ Isa Al-Masih

Assalamualaikum semua sahabat blogger......

Entry aku kali ni bukan sebab nk mencetuskan bab perKauman atau keAgamaan...
cume aku nk singkapkan di sebalik bende2 mcm ni bile korang terbace or terlihat bende2 ni...
sure korang tentu marah dan x puas hati.....
maka dengan itu korang akan melepaskan cakap2 tentang x puas hati korang....

pesanan aku kt sini korang bace ni...

hopefully ade ilmu yg korang dapat dari topik yg aku nk cite kan kali ni.........
same2 kite pikirkan dan pertimbangkan......



YESUS menurut ALLAH (Mengambil Hikmah dari Yesus)

Sebagian Muslim tanpa ilmu menghina Yesus.
Yesus itu dari Yeshua Ha Masiach atau Isa Al Masih.
Ibunya Maria adalah Maryam binti 'Imran.
Bagaimana seharusnya kita secara HIKMAH menyingkapi Yesus Kristus atau Isa a-Masih putera Maryam ?

Allah subahanahu wa ta’ala telah memberikan wahyu melalui Rasulullah Muhammad Shalallaahu ’alaihi wa sallam dalam Al Quran Surat Ali Imran ayat 42-60 telah menjelaskan siapa Yesus Kristus atau Isa a-Masih putera Maryam .

 Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).(42)

 Hai Maryam, ta`atlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku`lah bersama orang-orang yang ruku`. (43)
 Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita ghaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.(44)

 (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih `Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),(45)

dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa dan dia termasuk di antara orang-orang yang saleh."(46)

 Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun." Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah dia.(47) 

Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.(48)

 Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mu`jizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman."(49)

 Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mu`jizat) dari Tuhanmu. Karena itu bertaqwalah kepada Allah dan ta`atlah kepadaku.(50) 

Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus".(51) 

Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israil) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kamilah penolong-penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang muslim (orang yang berserah diri).(52) 

Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)".(53) 

Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.(54) 

(Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai `Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya".(55) 

Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.(56) 

Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka; dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.(57) 

Demikianlah (kisah `Isa), Kami membacakannya kepada kamu sebagian dari bukti-bukti (kerasulannya) dan (membacakan) Al Qur'an yang penuh hikmah.(58) 

Sesungguhnya misal (penciptaan) `Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.(59) 

(Apa yang telah Kami ceritakan itu), itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.(60) 

Dari ayat-ayat tersebut di atas kita dapat memahami bahwa:

1.  Maryam ibu Yesus atau  Isa Al Masih adalah wanita suci dan Allah telah memilihnya, mensucikannya dan melebihkannya atas segala wanita di dunia. 
Diriwayatkan oleh Tsa’labi dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saww bersabda kepada puterinya Fathimah as, ”Cukuplah bagimu bahwa Allah menjadikanmu sebagai salah seorang penghulu wanita yaitu : Maryam binti ‘Imran, Asiyah isteri Fir’aun, Khadijah binti Khuwailid, dan Fathimah binti Muhammad.(Bihar al-Anwar 14 : 195) 

2.  Ayat yang mengisahkan Kisah ini merupakan bukti kebenaran Rasulullah Muhammad shalallaahu ‘alaihi wa sallam yang mendapat wahyu dari Allah Subhanahu wa ta’ala. 
“Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita ghaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.(QS Ali Imran : 44) 

"Demikianlah (kisah `Isa), Kami membacakannya kepada kamu (Muhammad) sebagian dari bukti-bukti (kerasulannya) dan (membacakan) Al Qur'an yang penuh hikmah. " (QS Ali Imran : 58) 

3.  Allah subahanahu wa ta’ala telah memuliakan Al Masih `Isa putera Maryam sebagai nabi dan rasul, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan kepada Allah, dan memberikan mukjizat sehingga bisa berbicara dengan manusia dalam buaian dan termasuk di antara orang-orang yang shaleh. 

4.  Maryam binti ’Imran adalah wanita suci yang belum tersentuh manusia,  tetapi atas kehendak Allah, Maryam yang suci hamil dan melahirkan anak. 

Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun." Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah dia.(QS Ali Imran : 47) 

"Sesungguhnya misal (penciptaan) `Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia." (QS Ali Imran : 59) 

Berbeda dengan orang-orang bani Israil yang telah menuduh Maryam binti ’Imran mempunyai anak karena telah berzina. Setelah mendengar berita bahwa Maryam melahirkan seorang laki-laki padahal dia belum pernah bersuami, maka kaum Bani Israil menuduh Maryam telah melakukan sesuatu yang munkar. Atas tuduhan ini, maka Maryam menyuruh mereka bertanya saja langsung kepada bayinya. Tentu saja mereka bingung karena bagaimana mungkin bayi yang masih berumur 40 hari bisa bicara ? Tetapi atas kehendak Allah, seperti yang disebutkan dalam al quran surat Al Maryam, bayi (Nabi Isa a.s) pun menjawab : ”Sesungguhnya aku ini hamba Allah. Dia memberiku kitab (Injil) dan menjadikanku seorang nabi.” (Dalam tarikh At Thabari jilid 1 hal. 503)

Bukan pula Nabi Isa Al Masih adalah anak Allah. Allah subhanahu wa ta’ala sangat murka terhadap orang yang mengatakan Allah punya anak:

Dan mereka berkata: “Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak . Sesungguhnya kamu telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar, hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh, karena mereka mendakwa Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak. Dan tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak. (Maryam 88-92) 

Bahkan Nabi Isa juga menegaskan dalam Al Quran Surat Maryam 35-36:

Tidaklah layak bagi Allah mempunyai anak. Maha suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berfirman “Jadilah” maka jadilah ia. Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu juga. Maka sembahlah Dia (Alloh) oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus. 

5. Allah menjadikan Yesus atau Isa al-Masih sebagai Rasul (Utusan Allah) khusus bagi Bani Israil. 

”Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil” (QS Ali Imran :48) 

Berbeda dengan Nabi Muhammad shalallaahu ’alaihi wa sallam yang dijadikan Rasul untuk seluruh manusia. Seperti dalam firman-Nya:

"Katakanlah    (hai   Muhammad),   'Wahai   seluruh   manusia! Sesungguhnya aku adalah utusan 
Allah untuk  kamu  semua'"  (QS Al-A'raf : 158)  

6.  Allah telah memberikan mu`jizat kepada Yesus atau  Isa al-Masih dapat menghidupkan  burung dari tanah; menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; menghidupkan orang mati adalah bukan berarti Nabi Isa al-Masih  adalah Allah atau anak Allah, tetapi semuanya terjadi atas  seizin Allah dan atas Kuasa-Nya. 

Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mu`jizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman."(49) 

7.  Setiap Rasul datang, dia akan membenarkan kitab-kitab sebelumnya. Demikian juga Yesus atau  Isa al-Masih membenarkan Taurat. Demikin juga Rasulullah Muhammad shalallaahu ’alaihi wa sallam telah membenarkan Kitab Zabur, Taurat dan Injil. Semua Nabi adalah Muslim (orang yang berserah diri) dan menyeru kepada kalimat Laa ilaaha illallaah dan Islam (berserah diri). Islam adalah agama Allah dan agama semua Nabi dan Rasul.

 "Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah telah Islam (berserah diri) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan. 

Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma`il, Ishaq, Ya`qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, `Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri."  

"Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi." (QS Ali Imran : 83-85) 

"Sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. " (QS Ali Imran :19) 

“Dan sungguhnya kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu (Tuhan selain Allah).”  (QS. An Nahl [16]: 36) 

Pengikut Yesus atau Isa al-Masih-pun menyebut sebagai orang Muslim.

Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israil) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kamilah penolong-penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang Muslimun (berserah diri).
(QS Ali Imran : 52) 

Islam adalah agama Nabi Ibrahim, dan Ibrahim adalah seorang Muslim yang Hanif (lurus)
"Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang Muslim (berserah diri) yang Hanif (lurus) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk
golongan orang-orang musyrik." 

"Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), serta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman." (QS Ali Imran : 67-68) 

"Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu (Muhammad) dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang Muslim sejak  dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong." (QS Al-Hajj : 78) 

8.  Yesus atau Isa al-Masih menjelaskan bahwa Allah adalah Tuhannya, bukan menjelaskan bahwa dia adalah Allah atau anak Allah. Dan jalan yang lurus adalah hanya menjadikan Allah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Laa ilaaha illallaah.

 ”Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus". (QS Ali Imran : 51) 

"Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, Hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." Akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya." (QS Ali Imran : 79) 

"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israel, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu” Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun." (QS Al-Maidah 72) 

"Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai `Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?" `Isa menjawab: "Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib".

Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan) nya yaitu: "Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu" ,dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan (angkat) aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.” (QS Al-Maidah : 116-117) 

9.  Yesus atau Isa al-masih tidaklah dibunuh maupun disalib. 

"Dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, `Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan `Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) `Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah `Isa." (QS An Nisa : 157)

 Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa salah seorang musuhnya diserupakan dengan dia, sedangkan Isa sendiri diangkat langsung ke surga dan musuhnya yang diserupakan tadi adalah orang yang disalib. Sementara pendapat lain (antara lain Ahmad Deedat dengan bersumber dari Alkitab) mengatakan bahwa Isa benar-benar disalib namun tidak hingga mati kemudian diangkat ke surga. Terdapat pula pendapat lain yang mengatakan bahwa yang disalib oleh tentara Roma bukan Isa melainkan salah seorang pengikutnya yang berkhianat yaitu Yudas Iskariot. 

10.  Yesus atau Isa al-Masih masih hidup dan berada di surga, suatu hari Ia akan datang kembali ke bumi untuk melawan Dajjal (atau Antikristus dalam agama kristen) dan menjelaskan atas berbagai prasangka, seperti atas ketuhanan Yesus atau Isa Al Masih, dan penyalibannya, serta merupakan salah satu tanda-tanda dekatnya akhir zaman. 

(Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai `Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu (mewafatkanmu) dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya (tentang Tuhan anak dan ibu dan tentang siapa yang disalib dan dibunuh)." (QS Ali Imran:55) 

11.  Yesus atau Isa al-Masih bukan merupakan penebus dosa manusia.  Setiap manusia lahir dalam keadaan fitrah (suci dari dosa). Dosa Nabi Adam sebagai bapak manusia tidak diwariskan kepada anak cucunya. Tetapi manusia bertabiat cenderung untuk berbuat dosa sejak manusia pertama, Adam a.s., melanggar larangan Allah swt karena bisikan Iblis –kecuali para Rasul yang maksum (terjaga dari dosa). Dan Allah mengajarkan agar manusia selalu bertakwa dengan melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan laranganNya untuk menghapus dosa-dosa. 
”Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa) mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.”(QS Al-Anfal : 29) 

Tetapi kemudian manusia masih juga berbuat dosa karena kelemahannya, maka Allah swt. memberikan jalan-jalan penghapus dosa, dari mulai istighfar sampai kepada taubat nasuha. 
Rasulullah saw. Bersabda, “Setiap anak Adam pasti berbuat dosa, dan sebaik-baik pembuat dosa adalah mereka yang bertaubat.” (HR. Tirmidzi,Hasan) 

Bedanya Iblis dari Adam adalah Iblis melanggar perintah Allah swt. dan tidak bertaubat, sedangkan Adam melanggar larangan Allah swt. tapi menyadari dan bertaubat. 
Bahkan Rasulullah bersabda: “Kalau kalian tidak berbuat dosa niscaya Allah swt. akan mengganti kalian dengan kaum yang lain pembuat dosa, tetapi mereka beristighfar dan Allah mengampuni mereka.” (HR. Muslim)
Sahabat Sekalian....

Semoga dengan kajian tentang Yesus ini bisa memberikan HIKMAH kepada kita semua,
terlebih kepada saudara kita yang masih menjadikan Yesus atau Isa Al Masih putera Maryam sebagai Tuhan,

dan orang-orang yang selama ini menghina Yesus dan ibunya Maryam. 

Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang Muslim (yang berserah diri kepada Allah)".  (QS Ali Imran : 64) 

"Allah menganugrahkan al Hikmah (ilmu yang mendalam) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugrahi al Hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)."
(QS Al Baqarah : 269)

 Hukum mengucapkan Selamat Natal:  

Ibn al-Qayyim -rahimahullah- dalam kitabnya: Ahkaam Ahli az-Zimmah (1/ 441) berkata: "Adapun memberi ucapan selamat atas syi'ar-syi'ar kafir yang sifatnya khusus, maka hukumnya adalah haram menurut kesepakatan ulama.

Misalnya memberi ucapan selamat hari raya atau selamat berpuasa kepada mereka dengan mengatakan: Selamat hari raya atau lain sebagainya. Sebab hal ini, sekalipun orang yang mengucapkannya tidak sampai kepada kekafiran, namun perbuatan itu termasuk perbuatan yang diharamkan.

Kedudukannya sama seperti mengucapkan selamat kepadanya karena ia sujud kepada salib, bahkan perbuatan itu lebih besar dosanya di sisi Allah dan lebih tercela daripada memberi ucapan selamat karena meminum khamr, membunuh orang, mengerjakan zina dan lain sebagainya.” 

Wallahu a'lam bis'sawab...

3 comments:

Riki said...

alhamdulillah. hati tergerak nak visit blog ni. dapat ilmu baru pagi2 :) haah ek. x penah berfikir dgn teliti. selama ni kalau ckp pasal Jesus, terasa mcm x relate dgn kita sbb that term is widely used for Christian. walhal tu Nabi Isa.
Thanks for reminding :)

already become your follower. keep posting something that i can learn from :)

@mel said...

thank for comment ye...
sesame kite kongsi ilmu Allah ni ye...

forever love said...

thnx for da info..tp kn pnjkg sgt la..kalo boleh..just buat summary je..ehhehe..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...